Puskesmas Dulupi

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Gigi Nasional yang jatuh pada tanggal 12 September 2022, Puskesmas Dulupi melaksanakan Sikat Gigi massal di salah satu Sekolah Dasar, yakni SDN 15 Dulupi. Kegiatan Sikat gigi massal ini diikuti oleh seluruh Anak dari kelas 1 sampai kelas 6. menurut drg.Fatimah(dokter Gigi Puskesmas Dulupi) Tujuan dari kegiatan ini yakni meningkatkan pengetahuan siswa tentang kesehatan gigi dan mulut serta mengurangi angka kesakitan gigi dan mulut yang dapat mengganggu kelancaran aktifitas siswa sehari-hari.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak dini sangat penting untuk anak-anak, karena kesehatan gigi merupakan faktor penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak itu sendiri. Email gigi anak sangat rentan terhadap kerusakan  karena tidak sekuat email pada gigi dewasa. Gigi pertama pada bayi biasanya muncul pada usia 6-8 bulan , gigi anak akan terus tumbuh sampai ia berusia 3 tahun dan berjumlah 20 buah. Fungsi gigi susu adalah:

  1. Membantu kelanaran pertumbuhan gigi permanen. Gigi susu sebaiknya dipertahankan  selama mugkin sampai tiba waktunya untuk tanggal sendiri. Mengapa penting karena gigi susu akan memberikan ruang kepada gigi permanen yang akan tumbuh dibawahnya. Gigi susu yang dirawat denga baik akan membantu merangsang perkembangan rahang.
  2. Membantu proses pengunyahan pada anak. Sehingga kebutuhan akan nutrisi pada anak dapat terpenuhi dalam masa tumbuh kembangnya.
  3. Gigi susu juga berpengaruh pada perkembangan wajah dan otot rahang.
  4. Menjaga rasa percaya diri pada anak. Gigi yang bersih dan tidak berlubang akan membuat penampilan anak semakin menarik.

 

Dengan fungsi yang sangat penting tersebut, kita perlu menjaga kesehatan gigi anak sejak dini.

Cara yang harus dilakukan :

  1. Bersihkan gigi dan gusi anak anda saat gigi pertamanya tumbuh. Tidak hanya membersihkan sisa makanan dan bakteri, namun juga membantu menciptakan kebiasaan menyikat gigi pada pagi dan malam hari untuk anak anak.
  2. Bersihkan gigi dan gusi pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur, gunakan kasaa basah atau sikat gigi yang berbulu lembut.
  3. Hindari kebiasaan memberikan minum susu atau minuman manis pada anak menjelang tidur menggunakan dot karena akan menyebabkan gigi berlubang.
  4. Periksalah secara rutin dan berkala ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

Peran serta orang tua dan pengasuh sangatlah penting dalam menjaga kesehatan gigi anak, pengawasan dan bantuan orang tua sangat dibutuhkan untuk memastikan  anak-anak menyikat gigi dengan baik dan benar.

Jumlah Pengunjung 305