Puskesmas Dulupi

Tahukah Anda? Menjaga kesehatan gigi dan gusi dapat membawa manfaat tidak hanya bagi kesehatan mulut, tapi juga bagi kesehatan jantung dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Beberapa riset kesehatan menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang erat antara kesehatan gigi dan gusi dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Gangguan yang terjadi pada gigi dan gusi diketahui dapat menyebabkan berbagai penyakit yang lebih serius, seperti penyakit jantung, diabetes, demensiagangguan kehamilan, dan stroke.

Dari penelitian tersebut, terungkap fakta bahwa orang yang kurang menjaga kesehatan gigi dan gusi dan mengalami penyakit gusi berisiko lebih tinggi untuk mengalami beragam masalah jantung, seperti penyakit jantung dan gangguan katup jantung.

Namun, hingga saat ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan keterkaitan antara kesehatan gigi dan gusi dengan kesehatan jantung.

Bagaimanakah Gangguan pada Gusi Membahayakan Jantung?

Walau para ahli belum menemukan hubungan langsung antara sakit gigi dan gusi dengan kesehatan jantung, ada beberapa hal yang menjadi alasan mengapa kemungkinan kedua hal tersebut terkait.

Salah satu alasannya adalah peradangan, yang ditemukan pada gingivitis (tahap awal penyakit gusi) dan ateroskelosis (proses penyempitan pembuluh arteri). Proses peradangan yang terjadi pada penyakit gusi akan turut memicu terjadinya sumbatan pembuluh darah yang pada akhirnya dapat memengaruhi kinerja jantung.

Sakit gusi terutama disebabkan oleh bakteri akibat penumpukan plak yang awalnya terlihat tidak berbahaya. Namun, pada beberapa orang yang lebih rentan, tubuh dapat bereaksi berlebihan pada bakteri dan menyebabkan peradangan.

Proses peradangan secara perlahan dan dalam jangka panjang inilah yang diduga menyebabkan gangguan pada pembuluh darah jantung dan otak.

selengkapnya : https://www.alodokter.com/hubungan-kardiologi-dengan-kesehatan-gigi-dan-gusi

sumber : https://www.alodokter.com/

 

Jumlah Pengunjung 155