Puskesmas Dulupi

Dalam rangka menurunkan angka stunting pada balita dan Angka Kematian Ibu Hamil (AKI), tepat pada Hari Ibu yang diperingati setiap tahun tanggal 22 Desember, Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat menginisiasi Gerakan Nasional Bumil Sehat melalui kampanye #BumilSehat yang diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia.

Gerakan Nasional Bumil Sehat dilaksanakan dengan melibatkan Kementerian/Lembaga di tingkat Pusat dan Daerah, swasta, organisasi profesi, organisasi masyarakat, serta seluruh masyarakat, khususnya ibu hamil sebagai penerima manfaat langsung dari kegiatan ini.

Puskesmas Dulupi menyelenggarakan kegiatan Deklarasi Bumil Sehat pada tanggal 22 Desember 2022 bertempat di halaman Puskesmas Dulupi. Kegiatan Deklarasi Bumil Sehat Puskesmas Dulupi,turut hadir Penjabub Kabupaten boalemo Bapak. Dr. Hendriwan, M.Si, Kepala Dinas Kabupaten Boalemo Ibu Sutriyani Lumula, SST,M.Kes , perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, dan unsur Tripika dan lintas sektoral terkait. Gerakan ini diimplementasikan untuk mewujudkan ibu hamil yang sehat dan berpengetahuan serta mendapatkan pelayanan kesehatan selama kehamilan sebagai salah satu upaya pencegahan stunting sejak sebelum bayi dilahirkan.

                                                     Penjabup Boalemo Bapak Dr.Hendriwan, M.Si saat menghadiri Deklarasi Ibu hamil Sehat di Puskesmas Dulupi

Untuk itu ibu hamil perlu dukungan tidak hanya dari suami maupun keluarga, namun juga tempat kerja, dan kita semua masyarakat sekitarnya. Momentum ini untuk bersama-sama melindungi dan menciptakan lingkungan yang kondusif bagi semua ibu hamil di Indonesia lebih sehat dan bahagia melalui:

  1. Pemeriksaan kehamilan minimal 6 kali dan 2 kali diantaranya USG oleh Dokter
  2. Mengikuti kelas ibu hamil minimal 4 kali
  3. Konsumsi Tablet Tambah Darah setiap hari, makan sesuai rekomendasi dan pantau berat badan. 
  4. Melakukan persalinan di fasyankes.

Dalam pelaksanaannya puskesmas Dulupi memberikan reward kepada ibu hamil terbaik dengan kriteria penilaian:

  1. Rajin ke posyandu
  2. Kunjungan ibu hamil sudah memasuki K5
  3. Rajin minum TTD
  4. Sudah melakukan USG minimal 2 kali selama kehamilan

Adapun penyerahan reward diserahkan langsung oleh Penjabub Kabupaten boalemo, Kepala dinas kesehatan kabupaten Boalemo dan Camat dulupi. Diharapkan pemberian reward kepada ibu hamil dapat meningkatkan motivasi ibu hamil dalam melakukan pemeriksaan kehamilan dan mendukung persalinan di fasyankes

Penjabup Boalemo resmikan Deklarasi Ibu Hamil Sehat di Puskesmas Dulupi
Jumlah Pengunjung 123