Puskesmas Dulupi

Perubahan pola hidup masyarakat yang makin modern menjadi salah satu dasar GERMAS atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dicanangkan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Penyakit menular seperti diare, tuberkulosis hingga demam berdarah dahulu menjadi kasus kesehatan yang banyak ditemui, kini telah terjadi perubahan yang ditandai pada banyaknya kasus penyakit tidak menular seperti diabetes, kanker dan jantung koroner.

Dalam mendukung Germas dirangkaikan dengan memperingati hari Aids yang jatuh pada tanggal 1 Desember setiap tahunnya, Puskesmas Dulupi melaksanakan kegiatan GREBEK MUTIARA. Kegiatan ini merupakan salah satu dari 5 Program Inovasi yang akan di launching, GREBEK MUTIARA itu sendiri adalah Gerakan Bersama Masyarakat Menuju Dulupi Sehat dan Sejahtera.

Dalam pelaksanaannya puskesmas Dulupi mencanangkan 5 inovasi kesehatan, yakni
1. GREBEK MUTIARA Gerakan Bersama Masyarakat Menuju Dulupi Sehat dan Sejahtera.
2.BERSAMA MERIAH Bersama Mari Enyahkan Asap Roko dari Rumah.
3.KOPDAR SEHATI Kelompok Pendonor Darah Sukarela Cegah Kematian Ibu.
4. GEMA CITA Gerakan Remaja Cerdas, Inovatif Tanpa Anemia
5. TABUR LESTARI Pembuatan Air Limbah Sederhana, Berstandar dan Memadai

Bertempat di lapangan Jambura Desa Dulupi, Kegiatan GREBEK MUTIARA dihadiri langsung oleh Camat Dulupi beserat jajaran, Kepela Dinas Kesehatan Kab. Baolemo dalam hal ini diwakili oleh Bapak Muliadi Rais, SKM, M.Kes, Kapolsek Dulupi, Danramil Dulupi,Kepala Desa dan Ketua TP.PKK  sewilayah kerja PKM Dulupi, Unsur Pendidikan sewilayah kerja Puskesmas Dulupi, Siswa-siswi Taman Kanak-Kanak, SD, SMP, MTs, dan SMA.

Kegiatan GREBEK MUTIARA diawali dengan Senam germas yang di pandu langsung oleh Instruktur dari Kab.Boalemo, di lanjutkan dengan makan buah dan  peringatan  Hari Aids Sedunia, dan kemudian di lanjutkan dengan kegiatan inti yakni Launching Program Inovasi Puskesmas Dulupi

Lewat GREBEK MUTIARA, Puskesmas Dulupi Launching 5 Program Inovasi
Jumlah Pengunjung 155